Selasa, 04 September 2012

HIDUP ITU MENUJU KESEMPURNAAN


Assalamu’alaikum...

Posting kali ini penulis akan menulis sedikit tentang apakah ujung dari perjalanan hidup ini. Ini sangat penting karena jika kita memiliki sebuah tujuan (ujung) yang salah, maka arah dan cara yang kita lakukan untuk mencapai hidup itupun menjadi salah. Namun, sebelumnya penulis menekankan bahwa tulisan ini merupakan nasehat untuk diri sendiri, jikalau pembaca merasa tidak sefaham maka saya mohon jangan dihiraukan.

Kehidupan ini tak ubahnya layaknya sebuah kompetisi. Semua orang tercipta untuk berlomba-lomba menuju kepada kesempurnaan. Namun sayangnya banyak manusia yang salah mengartikan sebuah kesempurnaan yang semestinya. Sehingga banyak orang yang mencari sesuatu yang salah dan akhirnya menjadikan mereka melakukan hal yang salah pula. Kebanyakan manusia megartikan kesempurnaan adalah sebuah kekuasaan atas segala yang ada dialam raya ini, sehingga menjadikan mereka serakah dan kejam demi menguasai alam semesta ini.

Kesempurnaan adalah sebuah nilai yang jauh dari keserakahan dan penindasan. Kesempurnaan memang menunjukkan sebuah kekuasaan atau menguasai, namun dalam arti yang lebih mendasar. Yaitu bagaimana kita mampu menguasai (memahami) diri kita dan segala bentuk tingkah laku alam. Sehingga hidup ini menuju pada satu titik yang sempurna, yaitu seberapa hebat kita menguasai/mengendalikan diri kita dan memahami tingkah laku alam yang menjadi mysteri dalam logika kita. Barang siapa lebih bisa menguasai atau mengendalikan diri serta mampu memahami (mengungkap) mysteri dari tingkah laku alam ini dialah yang lebih memiliki nilai kesempurnaan secara hakiki.

Semoga kita tergolong orang-orang yang mampu mengendalikan diri dalam menyikapi tingkah laku alam yang penuh dengan mysteri ini. Amin

Billahitaufiq wal hidayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar